KREKI dan PDUI Pati Adakan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

IMG-20240120-WA0069

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM – Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Komisariat Pati tanggal 20 Januari 2024 di Sekretariat PDUI Pati yang berada di depan Stadion Joyo Kusumo Pati bekerjasama dengan KREKI (Komunitas Relawan Emergensi Kesehatan Indonesia) Jawa Tengah mengadakan acara Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau Basic Life Support dan Pelatihan Kegawatdaruratan kesehatan yang banyak dijumpai masyarakat sehari – hari.

Hadir dalam pelatihan itu antara lain pengurus PDUI Komisariat Pati dan beberapa peserta pelatihan yang terdiri dari beberapa dokter , istri dokter dan masyarakat umum.
Pelatih BHD dalam acara tersebut antara lain dr Mulyo Prasedyo, MH, Ns. Sri Wuri Handayani, Skep, MM dari Pengurus KREKI Jawa Tengah dan dr. Obrin.
Dalam paparannya teori tentang BHD oleh dokter Mulyo Prasedyo, MH yang sekaligus juga Ketua PDUI Komisariat Pati itu antara lain mengatakan bahwa pelatihan Bantuan Hidup Dasar merupakan tindakan dasar untuk menyelamatkan korban atau pasien yang mengalami henti jantung. Tindakan BHD ini memang harus dilakukan secara cepat dan secara profesional untuk memperbesar tingkat keberhasilan seseorang dapat bertahan hidup. Respons cepat dan tepat sangat dibutuhkan dalam menghadapi kasus kegawatan.

“Bantuan Hidup Dasar adalah tindakan untuk menyelamatkan korban yang mengalami henti jantung. Tindakan penyelamatan ini harus dilakukan sesegera mungkin karena keterlambatan penanganan akan berpengaruh pada hasil tindakannya. Keterlambatan 10 menit saja angka keberhasilan tindakan tinggal 1 %,” kata Mulyo Prasedyo.

Ketika ditemui awak media Mulyo Prasedyo menuturkan bahwa KREKI adalah organisasi perkumpulan relawan emergensi kesehatan (Indonesian Health Emergency Volunteer Community) yang lahir tanggal 19 Nopember 2018 di Jakarta, yang bertujuan mendukung program Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), dalam meningkatkan mutu dan kecepatan pertolongan pertama terhadap penanganan gawat darurat oleh masyarakat/ orang yang terdekat berbasis aplikasi teknologi informasi.

“Salah satu tugas pokok KREKI adalah mengembangkan aplikasi yang menghubungkan antara penolong dan yang membutuhkan pertolongan dalam kaitan emergensi kesehatan serta membangun basis data untuk mendukung kegiatan KREKI,” kata dr. Mulyo Prasedyo.

Jurnalis: Agung.S

Berita Terkait