Harapan Petani Kabupaten Keerom Terhadap Lumbung Pangan Jagung

IMG-20230321-WA0332

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM

Presiden Joko Widodo menanam benih jagung bersama para petani di lumbung pangan atau _food estate_ di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, pada Selasa, 21 Maret 2023. Benih jagung tersebut ditanam Presiden menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan).

Presiden Jokowi bersama-sama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Plh. Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, dan Bupati Keerom Piter Gusbager mendorong Alsintan dengan penuh semangat.

Lahan jagung yang disiapkan oleh pemerintah sebagai lumbung pangan itu pun turut membawa harapan bagi para petani sekitar. Salah satunya Dorteis, ia mengungkapkan bahwa lahan jagung tersebut membawa perubahan besar bagi para petani di sana.

“Setelah adanya program jagung, kami sangat berterima kasih bahwa ada perubahan besar taraf hidup kami terkait pertanian,” jelasnya.

Lebih lanjut Dorteis berharap dengan adanya pengolahan lahan di _food estate_ tersebut juga dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan pendapatan mereka.

“Setelah kedatangan Bapak Presiden ini menjadi program besar untuk kami, memberdayakan masyarakat di sini untuk pendapatan,” tuturnya.

“(Semoga) tanaman jagung ini membuat satu hasil besar bagi kami sehingga menjadi sumber yang luar biasa bagi kehidupan kami petani,” lanjutnya.

Sementara itu, petani lainnya, Monika Ambar mengutarakan harapannya agar ke depan dapat dibangun pabrik pengolahan hasil tani di daerahnya untuk mempermudah para petani dalam menyalurkan hasil taninya.

“Yang kami minta di sini mungkin bisa mengadakan kami pabrik, biar kami _pu_ hasil yang didapatkan mungkin kita tidak harus capek-capek membawa keluar hasilnya,” tuturnya.

Keerom, 21 Maret 2023
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Website: https://www.presidenri.go.id
YouTube: Sekretariat Presiden

[Muhdi Khair]

About Author