Terbang ke Timur Tengah, Wapres Akan Temui Presiden UEA hingga Hadiri KTT Perubahan Iklim

IMG-20221101-WA0304

www.indonesiacerdasnews.com –

Wakil presiden (Wapres) bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir pada Selasa (1/11/2022) hingga Selasa (8/11/2022) pekan depan.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, sebelum mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim COP 27 di Mesir, Ma’ruf Amin akan melakukan sejumlah agenda di UEA. Salah satunya bertemu Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Ma’ruf Amin dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Selasa sekitar pukul 10.00 WIB dan diperkirakan tiba di Abu Dhabi, UEA, Selasa sore waktu setempat.

Pada Rabu (2/11/2022) besok, Ma’ruf dijadwalkan bertemu Presiden MBZ di Istana Al Shatie, Abu Dhabi, untuk membahas sejumlah isu strategis Indonesia-UEA.

Setelah itu, Ma’ruf Amin akan bertemu presiden dan sekretaris jenderal Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP), serta berpidato dalam pertemuan ke-9 ADFP.

“Wapres akan menghadiri sebuah seminar internasional mengenai forum perdamaian. Itu dihadiri oleh berbagai negara dan yang menarik bahwa Wapres dalam acara itu akan menyampaikan pengalaman-pengalaman yang penting bagi negara Indonesia yang sudah mampu mengelola hubungan baik antarumat beragama,” kata Masduki.

Pada Rabu sore, Ma’ruf Amin dan rombongan akan bertolak ke Dubai untuk bertemu perwakilan Dubai Holding dan perwakilan lembaga publisher Global Islamic Index keesokan harinya.

“Wapres akan bertemu beberapa petinggi penting di Dubai, yang akan dibicarakan itu adalah kemungkinan-kemungkinan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah kota Dubai,” kata Masduki.

Kemudian, pada Jumat (4/11/2022), Ma’ruf Amin akan meninjau kantor Bank Syariah Indonesia cabang Dubai sebelum bertolak ke Kairo, Mesir, pada sore harinya.

Di Kairo, Ma’ruf juga akan bertemu dengan para mahasiswa dan diaspora Indonesia di Kedutaaan Besar Republik Indonesia (KBRI) pada Sabtu (5/11/2022).

Ia juga akan menyaksikan penyerahan 300 beasiswa Badam Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada perwakilan mahasiswa.

Selanjutnya, pada Minggu (6/11/2022), Ma’ruf akan mengunjungi Museum Nasional Peradaban Mesir lalu bertolak menuju Sharm El Sheikh untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim COP 27.

Ma’ruf Amin akan menghadiri pembukaan KTT COP 27 pada Senin (7/11/2022), dan menyampaikan pidato pada hari tersebut atau keesokan harinya sesuai urutan kepala negara/pemerintahan yang disusun panitia.

“KTT COP 27 adalah forum PBB tahunan. Forum itu berbicara mengenai perubahan-perubahan iklim di mana seluruh negara harus bersepakat untuk mencapai tingkat kebersihan iklim dari yang sekarang,” kata Masduki.

“Indonesia sudah berkomitmen sedemikian rupa dan komitmen Indonesia akan disampaikan oleh Wapres di situ dengan harapan juga komitmen antara negara berkembang dan negara maju itu sama-sama bisa ditaati,” ujarnya lagi.

Sebelum bertolak kembali ke Jakarta, pada Selasa (8/11/2022), Ma’ruf Amin akan meninjau paviliun Indonesia yang berada di Sharm El Sheikh International Convention Center.
[ RLs/Red ]

Berita Terkait

26 November 2022

Dua Pelaku Pencurian Diamankan Polsek Cilograng Polres Lebak

LEBAK, ICN - Polsek Cilograng Polres Lebak berhasil menangkap dua pelaku pencurian dengan pemberatan berupa handphone di Kp.Cijambe Ds.Pasirbungur Kec.Cilograng Kab.Lebak pada Selasa (22/11). Kapolsek Cilograng AKP Asep Dikdik menjelaskan pelaku...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *