Ketua Umum IMI Bamsoet Matangkan Persiapan ‘FIM MiniGP Indonesia Series 2023. Road to MotoGP’

IMG-20230725-WA0171

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM

JAKARTA – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko dan pihak promotor mematangkan persiapan penyelenggaraan ‘FIM MiniGP Indonesia Series 2023. Road to MotoGP’ yang juga merupakan bagian dari FIM MiniGP World Series 2023.

Selain sebagai bagian dari kejuaraan internasional, FIM MiniGP Indonesia Series 2023 juga menjadi bagian dari kejuaraan nasional. Rencananya diselenggarakan sebanyak enam putaran di Sentul International Carting Circuit. Yakni pada 12 Agustus, 13 Agustus, 23 September, 24 September, 21 Oktober, dan 22 Oktober 2023.

“Diikuti para pembalap muda berusia 8 hingga 14 tahun. Menggunakan peralatan, perlengkapan, peraturan, dan teknis standar internasional. Event ini dikelola Dorna Sport yang juga menjadi penyelenggara kejuaraan FIM World Championship Grand Prix (MotoGP), FIM Superbike World Championship (WorldSBK), Finetwork FIM Junior GP, Idemitsu Asia Talent Cup, Honda British Talent Cup, serta Northern Talent Cup. Sehingga tingkat prestisius dan gengsinya tidak perlu diragukan,” ujar Bamsoet usai menerima Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko dan promotor FIM MiniGP Indonesia Series 2023, di Jakarta, Selasa (25/7/23).

Promotor FIM MiniGP Indonesia Series 2023 yang hadir antara lain, Harlan Fadhillah, Mahrani, Annisa, dan Widia Wibowo. Hadir pula Bendahara Umum IMI Pusat Iwan One, Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dodi Ir, serta Tim Pokja LIH Budhi.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, FIM MiniGP Indonesia Series 2023 menjadi sebuah wadah bagi para pembalap muda dari 34 provinsi di Indonesia dalam meraih prestasi. Sekaligus menjadi program edukasi dan pembibitan bagi para talent muda balap Indonesia usia 8 hingga 14 tahun. Mereka bisa mendapatkan pembinaan berjenjang mulai dari MiniGP dan berkelanjutan sampai kepada industri ekosistem Dorna Sport yang memegang lisensi MotoGP.

“Penggunaan motor merek Ohvale 160cc oleh para peserta FIM MiniGP Indonesia Series 2023 sama dengan motor yang digunakan di FIM MiniGP yang diselenggarakan di berbagai negara lainnya. Motor tersebut dirancang khusus agar para pembalap MiniGP terbiasa sejak dini dengan riding stylenya balapan MotoGP,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, dalam FIM MiniGP Indonesia Series 2023 rencananya akan diuji coba penerapan Standard Operating Procedure (SOP) penerapan Less Waste Management yang menjadi kolaborasi IMI Pusat dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dibawah koordinasi Direktur Sosial dan Lingkungan Hidup IMI Pusat Darma Mangkuluhur. Melalui SOP ini, diharapkan dapat menjadi pilot project bagi penyelenggaraan event internasional lainnya dalam mengelola sampah secara bijak.

“Beberapa tindakan yang termasuk dalam upaya Less Waste Management misalnya, mendaur ulang sampah (recycle), mengurangi produksi sampah (reduce), serta menggunakan kembali barang yang kualitasnya masih layak (reuse). Penerapan tata kelola sampah secara bijak, akan memaksimalkan dan memudahkan penanganan sampah dalam setiap event penyelenggaraan kejuaraan balap,” pungkas Bamsoet. (red)

Berita Terkait