Berikan Bantuan Kepada 63 Kelompok Tani, Plt Bupati Berharap Alsintan Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian

IMG-20230905-WA0166

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM

PEMALANG – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Pemalang Mansur Hidayat memberikan bantuan kepada 63 Kelompok Tani di kabupaten Pemalang. Plt menyampaikan, dengan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) diharapkan produktivitas pertanian bisa meningkat dan biaya operasionalnya menurun, sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat khususnya petani.
Ungkapan tersebut disampaikan usai menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pemalang yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pertanian Tahun Anggaran 2023, di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, pada Selasa (5/9/2023).

Menyinggung soal perawatan alsintan sendiri Mansur mengatakan, yang penting mereka diajari terlebih dahulu bagaimana cara merawat dan mengoperasikannya karena menurutnya semua yang dirawat pasti akan tahan lama.

“Yang terpenting belajar dulu bagaimana cara merawat dan mengoperasikannya, karena ketika kita bisa merawat tentunya akan awet dan tahan lama,” tuturnya.

Selain tentang alsintan, ia juga menyarankan agar mereka bisa menggunakan biosaka atau pupuk organik. Ia menandaskan bahwa kita harus berinovasi, jangan ketergantungan dengan pupuk kimia. Disebutkan bahwa ada beberapa manfaat terkait penggunaan pupuk organik, selain karena biaya lebih murah dan ramah lingkungan serta tanah jadi sehat.

“Saran saya gunakanlah Biosaka atau pupuk organik. Kita harus berinovasi jangan ketergantungan dengan pupuk kimia. Ada beberapa manfaat terkait pengungkapan pupuk organik, selain karena biayanya lebih murah dan ramah lingkungan, dan yang terpenting tidak merusak tanah,”ungkapnya.

Perlu diketahui jumlah penerima bantuan sebanyak 63 Kelompok Tani di Kabupaten Pemalang dengan rincian yaitu, Pompa Air sebanyak 30 unit, Cultivator (Traktor Kecil) sebanyak 14 unit, Corn Sheller (Pemilipil Jagung Roda 2) sebanyak 7 unit, Corn Sheller Mobile (Pemipil Jagung Roda Tiga) sebanyak 8 unit, dan Appo Mobile (Alat Pencacah Pupuk Organik Roda 3) sebanyak 4 unit. (Iwn).