Disdukcapil Pemalang Sosialisasikan Administrasi Kependudukan pada TMMD Sengkuyung

IMG-20230802-WA0226

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM,
PEMALANG –TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II Kodim 0711/Pemalang tahun 2023 di Desa Parunggalih Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang tidak hanya mengerjakan sasaran fisik tetapi juga melaksanakan kegiatan non fisik.

Pada kesempatan ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pemalang memberikan sosialisasi kepada masyarakat Desa Parunggalih Kecamatan Bodeh dan warga Desa Pabuaran, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang di Balai Desa Pabuaran, Selasa (2/8/2023).

Dalam sosialisasi kali ini, narasumber dari Disdukcapil Kabupaten Pemalang Robert Astono, SH dan Agus Syarif Nurhadi, menekankan bahwa ada tiga jenis dokumen yang harus dimiliki penduduk agar hak dan legalitasnya diakui oleh negara.

“Ada tiga jenis Dokumen yang harus dimiliki penduduk Indonesia, agar hak dan legalitasnya diakui oleh negara, yaitu KK (Kartu Keluarga), Akta Kelahiran dan KTP, dan bagi penduduk yang berusia di bawah 17 tahun, Akta Kelahiran dan KIA (Kartu Identitas Anak). Kemudian untuk KIA, merupakan program baru yang nantinya berfungsi sama dengan KTP,”tuturnya.

Kemudian narasumber kembali memaparkan dalam administrasi kependudukan diharapkan memakai data yang benar-benar sesuai dengan identitas yang sesuai.

“Diharapkan dalam administrasi kependudukan memakai data yang sesungguhnya,karena jika diketahui memalsukan data ataupun identitas seseorang, maka akan ada sanksi tegas,” ucap Robert Antono dalam paparannya.

Dalam akhir penjelasannya, narasumber juga mengatakan dilaksanakannya kegiatan ini dengan tujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat terkait peraturan dan kebijakan baru dalam pelayanan administrasi kependudukan salah satu di antaranya pelayanan online.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Danramil 06/Bodeh Kapten Cba Supardi, SH., Kapolsek Bodeh Akp M. Rofiq, Kades Parunggalih Bodeh Budiman, Kades Pabuaran Bantarbolang Abdul Qodri, tokoh pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dari Desa Parunggalih dan Desa Pabuaran. (Iwn)

About Author

Berita Terkait

24 November 2023

Semarak Peringatan Hari Guru Nasional di SMK YP Karya 1 Kota Tangerang

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | KOTA TANGERANG - SMK YP Karya 1 bersama dewan guru,OSIS, dan siswa/i memperingati Hari Guru Nasional dengan berbagai penampilan, seperti pidato dalam 4 bahasa ( Indonesia, Jepang, Inggris, Arab ), puisi tentang guru,...