PDAM Tirta Mulia Pemalang Salurkan 120.000 Liter Air Bersih Kepada Warga Terdampak Kekeringan

IMG-20231013-WA0108

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM

PEMALANG – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang (Perumda Tirta Mulia Pemalang) tidak tinggal diam atas kekurangan air bersih di sebagian wilayah Kabupaten Kabupaten. Melalui tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) melakukan droping air bersih sebanyak 120.000 liter atau 30 tangki di 13 Desa dalam lima kecamatan di Kabupaten Pemalang. Dimulai sejak Rabu (11/10/2023) dan direncanakan berakhir Jum’at (13/10/2023).

Ke 13 (tiga belas) desa tersebut meliputi desa di Kecamatan Pemalang di Desa Tambakrejo, Kecamatan Pulosari meliputi Desa Pagenteran, Siremeng, Clekatakan, Pulosari, Kecamatan Warungpring didrop di Desa Warungpring
Mereng, Cibuyur, Kecamatan Watukumpul ke Desa Watukumpul dan Majalangu serta di Kecamatan Belik di Desa Belik, Gombong dan Gunung Jaya.

Direktur Utama Perumda Tirta Mulia Pemalang Slamet Efendi, SE, MM., ketika dihubungi saat penyerahan bantuan air bersih di Desa Tambakharjo mengungkapkan bahwa Perumda Air Minum Tirta Mulia selain memberi droping air bersih sendiri juga telah mensupport beberapa lembaga atau instansi dalam droping air di wilayah terdampak kekeringan.

“Kita melihat bencana kekeringan ada dimana-mana termasuk Pemalang, kita terjunkan 30 tangki ke daerah yang terdampak sangat parah salah satunya di dusun Caur (Desa Tambakrejo),” jelas Slamet Efendi, Jum’at (13/10/2023).

Dalam mengatasi masalah kekurangan air bersih di musim kemarau yang berkepanjangan ini juga mengimbau rekan-rekannya baik perusahaan maupun perorangan penyedia air bersih di Kabupaten Pemalang ataupun yang mengambil air baku dari Pemalang ini turut aktif membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih gratis ke masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Desa Tambakrejo Hadi Sutejo mengucapkan terima kasih atas bantuan air bersih dari Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang ini. Menurutnya bantuan yang sudah disalurkan sejak kemarin sangat bermanfaat bagi sebagian warganya yang terdampak kekeringan.

Selain Hadi Sutejo, Kepala Desa Siremeng juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, karena bantuan ini benar-benar dibutuhkan oleh masyarakatnya.

“Bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi warga kami yang selalu kekurangan air di setiap musim kemarau, dan kami dan segenap warga mengucapkan terimakasih atas segala bantuan yang diberikan,” ucap Kades Siremeng Solikhin.

Senada dengan Solikhin, Kepala Desa Clekatakan Sutrisno juga mengucapkan banyak terima kasih atas peran serta Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang yang membantu masyarakat dalam ketersediaan air bersih bagi warga yang membutuhkan akibat kemarau panjang ini.

“Harapannya kedepan bagaimana upaya yang nyata baik dari pemerintah kabupaten pemalang atau Perumda Air Minum Tirta Mulia dalam rangka upaya bagaimana air bersih di Kecamatan Pulosari ini bisa terpenuhi secara permanen bukan hanya bantuan droping air mengingat air adalah kebutuhan vital warga masyarakat,” papar Sutrisno.

Lebih lanjut Sutrisno mengemukakan bahwa bencana kekeringan ini merupakan bencana tahunan yang semestinya semua pihak untuk bersama-sama mencari solusi terkait air bersih di Kecamatan Pulosari.

Menanggapi harapan Sutrisno, Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang Slamet Efendi meyakinkan upaya mengalirkan air bersih ke Kecamatan Pulosari sudah dilakukan dan di akhir tahun 2023 ini, air bersih sudah mengalir sampai Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari. (Iwn)