Tekan Angka Penurunan Stunting, Babinsa Koramil Comal Ikuti Rembuk Stunting Desa Gintung

IMG-20230911-WA0049

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM

PEMALANG – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gintung Koramil 04/Comal Kodim 0711/Pemalang Serda Eko mewakili Danramil mengikuti acara rembug stunting di balai Desa Gintung, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Senin (11/9/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Staf Kecamatan Comal H. Najib, Babinkamtibmas Iptu Edi S., Kepala Puskesmas Sarwodadi dr. Meggy Yatni Laksmanasari, Kepala Desa Gintung Wahyu Nuriyadi, Ketua BPD Desa Gintung Sukheri, Perangkat Desa dan anggota BPD Desa Gintung, Ketua PKK dan pengurus Desa Gintung, tokoh agama serta tokoh masyarakat Desa Gintung.

Dalam paparannya Kepala Puskesmas Sarwodadi dr. Meggy menyampaikan Stunting merupakan masalah gizi kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama.

“Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun. Selain pertumbuhan tubuh terhambat, stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak,”tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Babinsa Serda Eko mengatakan tujuan Rembug (Musyawarah) ini untuk upaya penurunan stunting dapat dilakukan melalui dua intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung.

“Rembug ini untuk upaya penurunan stunting dapat dilakukan melalui dua intervensi, yaitu intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung dan intervensi gizi sensitif untuk mengatasi penyebab tidak langsung,”ujar Serda Eko, yang hadir mewakili Danramil. (Iwn)

Berita Terkait