Jembatan Penghubung Dua Desa Ciderum dan Pancawati Ambruk Terseret Arus Sungai

IMG-20231130-WA0008

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | Bogor – Jembatan penghubung antara dua Desa, yakni Desa Ciderum dan Desa Pancawati Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor Jawa Barat, dilaporkan ambruk pada Rabu (29/11/2023) sore. Akibatnya aktivitas warga setempat menjadi terganggu.

Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangan ini akibatkan tanah longsor dibeberapa titik dan area persawahan tertimpa tanah longsor dan terseret arus air sungai termasuk sebuah jembatan yang menghubungkan dua desa terputus.

Diketahui, titik longsor dan jembatan ambruk tersebut berada di Kampung Batu Kembar Rt 05 Rw 03 Desa Ciderum Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.

Amin selaku ketua Rt 05/03 membenarkan adanya peristiwa longsor dan ambruknya sebuah jembatan yang menghubungkan dua desa menjadi terputus akibat terbawa arus sungai.

“Ya, jembatan di kampung kami ambruk terbawa arus sungai, jembatan tersebut penghubung di dua desa yakni desa Ciderum dan desa Pancawati,” kata Amin.

Amin menjelaskan penyebab ambruknya jembatan tersebut karena debit air sungai meluap, sehingga mengikis pondasi jembatan.

“Hujan turun dengan intensitas deras dalam beberapa hari belakangan ini sebelum kejadian dan debit air Sungai meluap. Kemudian mengikis pondasi jembatan,” kata Amin saat dikonfirmasi ICN, Kamis (30/11/2023).

Imbas dari kejadian tersebut menyebabkan jembatan yang menjadi akses penghubung Desa Ciderum dan Desa Pancawati terputus. Selain itu, struktur utama jembatan menjadi rusak.

Amin berharap, semoga Dinas terkait segera memperbaiki jembatan tersebut, karena jembatan yang ambruk ini cukup penting bagi warga sekitar, tandasnya.

Seperti diketahui, jembatan tersebut sangat penting untuk warga sekitar yang melakukan aktifitas. (Red/Amad)