Kampung Keluarga Berkualitas Grenpul CAKEP, Inovatif dan Berkelanjutan

IMG-20240210-WA0136

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | KOTA TANGERANG – Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), keluarga dan masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan Kampung KB Grenpul CAKEP RW 009 Kelurahan Gerendeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang yang terus berbenah, berinovasi dan berkreasi dengan semangat juang tinggi demi menyejahterakan masyarakat melalui pembangunan sumber daya manusia.

Bermula dari identifikasi permasalahan yang ada di lingkungan dengan kategori kumuh, Kampung KB Grenpul CAKEP RW 009 saat ini bisa memberikan percontohan yang positif bagi kampung KB lainnya yang ada di Kelurahan Gerendeng khususnya.

” Dengan kerja keras membangun kampung juga prestasi-prestasi yang telah kami raih dan torehkan maka secara tidak langsung telah membantu dalam mempublikasikan kampung KB secara bertahap dan berkesinambungan. Kami juga mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang ada di kampung KB Grenpul CAKEP RW 009 melalui IG, Facebook dan media sosial lainnya,” papar Ketua RW 009 OC. Jumat (9/2/2024).

Sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh Kampung KB Grenpul CAKEP, semisal membangun wisata kampung dan ekonomi masyarakat sebagai bentuk KSM berkelanjutan. Wisata dan edukasi setiap tahun kampung KB Grenpul CAKEP menggelar festival Cap Go Meh yang mana merupakan tradisi masyarakat Tionghoa setelah 15 hari perayaan Hari Raya Imlek. Tradisi ini sangat menarik perhatian warga masyarakat pada umumnya.
Membangun kesejahteraan masyarakat, yakni menggali sumber daya manusia (SDM) sebagai potensi untuk membangun ekonomi masyarakat, antara lain; Membuat kue dan catering, Salon, Budidaya ikan hias, Pertanian holtikultura, Perakitan hidroponik

Adapun potensi yang menjadi unggulan kampung KB Grenpul CAKEP RW 009 yaitu UMKM para pembuat kue basah, catering, petani ikan hias, peternak, pertanian holtikultura yang semuanya dapat membangkitkan ekonomi juga sebagai ketahanan pangan bagi warga setempat. Banyak kalangan akademisi dari berbagai universitas dan perguruan tinggi menyambangi kampung KB Grenpul CAKEP RW 009 ini sebagai tempat kuliah kerja nyata (KKN) dan juga sering dikunjungi dinas-dinas Pemkot Tangerang serta stakeholder lainnya.

Penulis: Muhdi