Pameran Helikopter Pertama di Indonesia Resmi Digelar di Cengkareng Heliport Tangerang

IMG-20230615-WA0336

TANGERANG, ICN.com – Pameran industri pesawat spesifik untuk helikopter sipil kali pertama sepanjang sejarah kedirgantaraan Indonesia digelar di Cengkareng Heliport Tangerang, Banten, pada Kamis, 15 Juni 2023.

Acara tersebut bertema Heli Expo Asia (Hexia) 2023, sebuah ajang yang memamerkan helikopter sipil untuk mendukung pertumbuhan jumlah armada helikopter yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hexia 2023 diselenggarakan pada 15-18 Juni 2023. Heliport ini dapat dikatakan yang memiliki infrastruktur siap untuk dilaksanakan kegiatan Helicopter Expo Asia pada 2023 ini.

Sebagai informasi, Cengkareng Heliport merupakan sebuah bandar udara helikopter komersil pertama di Indonesia dan terbesar saat ini.

Kegiatan Hexia 2023 ini akan menjadi wadah untuk memerkenalkan dan menggali lebih dalam tentang industri pesawat Vertical Take-Off Landing (VTOL) serta informasi terkini mengenai helikopter.

Dalam pameran ini 25 booth Aviasi yang terdiri 2 manufaktur, 6 operator, dan 17 pendukung industri heli, 8 booth foodcourt.

Hexia 2023 juga menghadirkan talk show dan seminar dengan pembicara ahli dari industri penerbangan dan pejabat dari kementerian atau badan pemerintahan terkait.

Menurut CEO Hexia, Iskandar Muda, selaku penanggung jawab pelaksanaan pameran menjelaskan, kondisi geografis Indonesia adalah yang ideal untuk helikopter dan memiliki pangsa pasar yang masih luas untuk helikopter. Hal ini mendorong keputusan untuk menghadirkan kegiatan Heli Expo Asia di Indonesia.

“Hexia 2023 menghadirkan armada yang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia dan juga supporting product seperti peralatan pendukung dan peralatan keamanan yang mendukung industri pesawat VTOL,” katanya menjelaskan pada awak media di Tangerang.

Menurut Iskandar, helikopter dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia sebagai moda transportasi alternatif yang menawarkan akses transportasi penumpang dan barang dengan cepat dan tidak membutuhkan landasan udara untuk melakukan take off dan landing.

Selain itu, helikopter juga sering digunakan dalam misi kebencanaan, search and rescue (SAR), serta misi kemanusiaan, karena kemampuan manuvernya yang dapat menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh moda transportasi lainnya, baik di darat maupun di udara.

“Mungkin timbul dalam benak pikiran kita, apa yang membedakan ajang ini, sehingga para operator penerbangan, atau pun pebisnis yang berada di kawasan Asia Tenggara,”tutur Iskandar Muda.

Sementara di tempat yang sama CEO and Founder Whitesky Group, Denon Prawiraatmadja menuturkan banyaknya kepulauan yang terpecah- pecah di Indonesia membuat masyarakat membutuhkan akses jangkauan dengan helikopter. Seiring dengan pertumbuhan infrastruktur di Indonesia, dan juga dengan pertumbuhan industri yang cukup baik saat ini di Indonesia , ujarnya.

Selanjutnya Denon menambahkan sebagai pioner Helicopter Expo di Indonesia, sebagai ajang pameran yang bertujuan untuk mengembangkan dan memperkenalkan industri kedirgantaraan bidang helikopter, dan diharapkan dapat memperkenalkan teknologi terbaru helikopter kepada masyarakat Indonesia dan dunia, tutupnya.

Dalam pantauan awak media, masyarakat cukup antusias ingin menyaksikan pameran helikopter pertama di Indonesia ini. Pameran dibuka mulai 15 hingga 18 Juni di Cengkareng Heliport Tangerang Banten dari pukul 09: 00 WIB hingga 17: 00 WIB bisa registrasi di tempat melalui link yang sudah disediakan tanpa dipungut bayaran.

(Wisma Hamidi Lubis)

About Author