Perkumpulan “Sobokartti” Berbagi Tali Asih

IMG-20240329-WA0151

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM, – Bertempat di teras gedung tua berumur lebih dari 100 tahun yang dikenal dengan Gedung Kesenian dan Cagar Budaya “Sobokartti” Semarang pada 29 Maret 2024, segenap pengurus Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti mengadakan acara rutin tahunan memberikan paket sembako menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan kepada para seniman yang memiliki loyalitas tinggi memajukan kegiatan seni budaya Sobokartti. Para pihak tersebut meliputi para pemain gamelan, pelatih karawitan, sinden, dalang, pelatih tari, pengrajin batik, dan mereka yang selama ini mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan kemajuan Sobokartti.

Menurut penuturan RT Soetrisno Budoyo Dipuro, Ketua Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti, acara ini terselenggara berkat kerjasama berbagai pihak seperti Komunitas Sosial Istiqomah Semarang, dan Lembaga Kebudayaan Nasional. Sedangkan pelaksana pembagian “paket sembako” pihak Sobokartti bekerjasama dengan Forum Demokrasi Rakyat (FDR) Jawa Tengah.

Ketika ditemui awak media, Mbah Trisno Sobokartti, demikian panggilan akrabya RT Soetrisno Budoyo Dipuro mengatakan bahwa Sobokartti saat ini terus mengadakan penataan dan pembenahan kegiatan kesenian yang selama ini sudah berjalan, baik kegiatan pelatihan tari, pelatihan pedalangan, sinden, pelatihan membatik. Bulan depan (Red: April 2024), Perkumpulan Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti akan menambah jenis kegiatan Pembelajaran/ Kursus MC/ Pranatacara yang bersifat non politik berbahasa Jawa dengan menggandeng Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta “Sangpawara” Sanggar Pasinaon Pambiwara Karaton Surakarta Pang Semarang.

“Lama kursus 6 bulan, yang rencananya akan dimulai pada tanggal 19 April 2024. Pelatihan diadakan tiap Selasa malam dan Jum’at malam, sedangkan pendaftarannya sudah dibuka. Kami mengharap agar dengan penambahan program kegiatan ini semakin memperkokoh Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti menjadi pusat belajar seni budaya, khususnya seni budaya Jawa, “ kata mbah Trisno.

[Agung.S]

Berita Terkait

6 April 2024

Tersinggung Tak Diberi Utang, Pemuda di Kembangan Nekat Bakar Warung

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | JAKARTA BARAT - Tersinggung tak diberi utang rokok, seorang Pemuda berinisial IM di Kembangan Jakarta Barat nekat melakukan aksi tidak terpuji dengan sengaja menimbulkan bahaya kebakaran di sebuah warung rokok di Jalan...