Ratusan Pecinta Burung dari Berbagai Daerah Ramaikan Dandim Sragen Cup Kicau Mania

IMG-20221030-WA0327

SRAGEN, ICN –

Ratusan pecinta burung dan peserta lomba dari berbagai wilayah Karesidenan Surakarta, Pekalongan, Jogja, Ngawi, Madiun, Tulungagung, Surabaya ikut meramaikan lomba Burung Kicau Piala Dandim Cup.

Lomba digelar dalam rangka memperingati dan menyemarakkan HUT ke-77 TNI. Kodim 0725/Sragen menggelar beberapa acara, dan salah satunya adalah lomba burung berkicau di halaman Makodim Sragen, pada Minggu, 30 Oktober 2022.

Lomba digelar menjadi 5 kelas, yakni Kelas Dandim (Murai batu ring G.24), Kelas Sragen Asri (Murai batu ring G.36 A&B, Cucak Ijo, Kelas ketiga PBI (Cucak Ijo, Murai Batu, Kacer, Anis Merah & Cendet), kelas keempat Konservasi dan kelas kelima Salam Lestari. Masing-masing kelas dipilih juara 1,2 dan 3. Proses penilaian burung dibagi menjadi 30 season.

Sebelum acara dimulai seluruh peserta dan tamu undangan berdiri dengan sikap sempurna menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Doa dan laporan Ketua Panitia penyelenggara. Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan burung oleh Dandim Sragen dan tamu undangan serta pemberian souvenir berupa miniatur patung prajurit dari Panitia Penyelenggara kepada Dandim.
Lomba dimulai ditandai dengan penggantungan sangkar burung di atas gantangan oleh Dandim.

Dalam sambutannya, Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P yang dibacakan oleh Pgs Kasdim Kapten Cpm Sayana mengatakan bahwa kegiatan lomba Kicau Mania Piala Dandim 0725/Sragen adalah dalam rangka memperingati dan menyemarakkan peringatan HUT ke-77 TNI tahun 2022.

Acara tersebut merupakan wujud kebersamaan TNI bersama masyarakat Se-Kabupaten Sragen guna menjaga eksistensi burung kicau serta menjalin hubungan yang lebih erat antara TNI dan para penggemar burung dan kicau mania.

“Burung adalah satwa yang sangat terpengaruh keberadaannya akibat alih guna lahan hutan, keanekaragaman jenis burung dapat dijadikan sebagai indikator kualitas lingkungan, selain itu burung memiliki peran penting dalam ekosistem antara lain sebagai penyerbuk, pemancar biji dan pengendali hama, burung juga seringkali digemari oleh sebagian orang dari keindahan bulu dan kicauannya, sehingga TNI beserta masyarakat berkomitmen untuk melestarikan satwa khususnya jenis burung kicau”.

Orang Nomor satu di Kodim Sragen tersebut berharap gelaran kicau mania ini dapat memberikan wadah tersendiri bagi para pecinta burung dan juga untuk menjalin komunikasi sosial antara TNI dengan masyarakat disertai harapan dari kegiatan ini akan muncul komunitas-komunitas baru yang mendukung upaya kelangsungan budidaya burung langka yang memiliki suara kicauan khas dan banyak peminatnya.

Para pemenang lomba burung mendapatkan Trophy, piagam dan uang pembinaan.

(Agus Kemplu/Red)

Berita Terkait

26 November 2022

Dua Pelaku Pencurian Diamankan Polsek Cilograng Polres Lebak

LEBAK, ICN - Polsek Cilograng Polres Lebak berhasil menangkap dua pelaku pencurian dengan pemberatan berupa handphone di Kp.Cijambe Ds.Pasirbungur Kec.Cilograng Kab.Lebak pada Selasa (22/11). Kapolsek Cilograng AKP Asep Dikdik menjelaskan pelaku...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *