Bhabinkamtibmas Pajang Sampaikan 3 Tugas Pokok Polri

IMG-20230122-WA0102

KOTA TANGERANG, ICN – Giat patroli dan sambang serta silaturahmi dalam rangka memelihara keamanan, kenyamanan, dan ketertiban di masyarakat merupakan tugas pokok Bhabinkamtibmas. Hal tersebut disampaikan AIPTU Pamuk Wiyono selaku Bhabinkamtibmas Pajang, didampingi Hendra Ekbang Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda,Kota Tangerang, pada Rabu, 18 Januari 2023.

” Alhamdulillah, puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT sehingga kita bisa melaksanakan tugas Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban. Terdapat 3 tugas pokok Polri yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman,dan pelayanan kepada masyarakat,” papar AIPTU Pamuk Wiyono.

” Jadi ada 3 pola kerja dari kami, yakni Pembinaan, Pencegahan, Penindakan. Atensi dari atasan kami terutama Kapolda Metro Jaya, Kapolres, dan Kapolsek kami. Jadi diupayakan, kami itu bisa mencegah segala bentuk tindak kejahatan, melalui program pencegahan Bhabinkamtibmas itu lebih banyak ke pembinaan. Jadi kami sambang ke semua lapisan masyarakat,baik itu toga ataupun tomas, ketua RT dan RW, majelis taklim, dan perkumpulan remaja,” imbuhnya.

” Tapi mohon maaf, karena keterbatasan tenaga, karena memang hanya satu personilnya di setiap kelurahan. Tapi InsyaAllah kami semaksimal mungkin selalu di lapangan supaya bisa menciptakan suasana yang aman, nyaman,dan tenteram.Kiatnya kita pendekatan, trus kita sharing ngobrol biasa apa yang kira-kira rawan terjadi, jadi kita biasanya kerawanannya dulu jangan sampai terjadi, mungkin anak-anak muda remaja suka berkumpul, karena remaja itu masih labil mencari jati diri,” tukasnya.

Ini perlu pengawasan, yang paling berperan itu orang tua dan lingkungan dengan siapa dia bergaul, menggunakan apa dia, apalagi di zaman sekarang banyak media sosial.

” Kami dari Polsek Benda melaksanakan atensi pimpinan, selaku Bhabinkamtibmas mencoba selalu mengingatkan kepada para stakeholder, tokoh-tokoh pemuda atau kepala kelompok jangan ikut-ikutan dari grup media sosial. Kami dari kepolisian ada patroli siber dan kami secara nyata terutama di malam hari itu dari tim opsnal ( buser ) itu ada di lapangan,” ungkap AIPTU Pamuk Wiyono.

Ia pun menambahkan bahwa selama 2 tahun ia bertugas di wilkum Kelurahan Pajang secara umum aman dan kondusif karena masyarakatnya mengutamakan persaudaraan, masih banyak keluarga besar yang pengaruhnya sangat membantu.

” Di Pajang sangat minim kejadian-kejadian itu. Kami dari kelurahan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas yang InsyaAllah menggandeng stakeholder yang ada baik kader RT, RW, toga,dan tomas untuk tetap awasi kepada putra putri kita di masa remaja agar terhindar dari pengaruh media sosial yang mengarah ke radikal,” pungkasnya.

[ Red ]

Berita Terkait

8 Februari 2023

Kodam XII/Tpr Serahkan Barang Bukti 7,1 Kg Sabu ke BNN Kalbar

PONTIANAK | ICN, Rabu (8/2/23) - Barang bukti 7,1 kilogram sabu dan pelaku yang berhasil diamankan oleh Kodam XII/Tanjungpura atas upaya Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha di wilayah perbatasan, diserahkan ke Badan Narkotika...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *