Cegah Penyakit Kuku dan Mulut, Polsek Simpang Empat Pantau Kandang Milik Warga

IMG-20221018-WA0139

ASAHAN, ICN – Guna mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Empat Polres Asahan Aipda S.Sinuhaji melaksanakan sosialisasi terkait PMK di peternakan sapi milik Anwari (41) warga Dusun VI Desa Silomlom, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

Sosialisasi tersebut digelar di setiap desa yang memiliki hewan ternak.

”Dalam mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan. Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Empat Polres Asahan melakukan sosialisasi kepada para peternak hewan dan memperhatikan kesehatan serta kebersihan kandang,” ujar AKP Cahyandi, SH.

Selain itu, AKP Cahyandi, meminta untuk para pengusaha ternak dan para peternak bilamana ada hewan yang terkena penyakit maka harus segera dilaporkan kepada pihak terkait. Langkah tersebut diperlukan agar tidak menular pada hewan-hewan yang lain.

“Adapun untuk ciri-ciri penyakit hewan ternak yang terkena penyakit mulut dan kuku di antaranya demam tinggi, muncul air liur berlebihan, serta ada luka lepuh di rongga mulut atau pada lidah dan tidak mau makan. Selain itu kukunya juga luka, sehingga sulit untuk berdiri, gemetaran, dan nafasnya cepat,” kata Kapolsek.
[ Red/Li ]

About Author