Danrem 181/PVT Menghadiri Tatap Muka Panglima TNI dan Kapolri dengan Prajurit TNI Polri di Wilayah Papua Barat Daya

IMG-20230111-WA0299

Sorong – Papua Barat Daya,ICN – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo didampingi Kepala Staf Angkatan dan rombongan melaksanakan tatap muka dan diskusi dengan seluruh Prajurit TNI Polri di wilayah Papua Barat Daya. Dihadiri oleh, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema S.Sos., Danrem 181/PVT Brigjen TNI Wawan Erawan, S.E., M.M., Pejabat Utama Jajaran TNI Angkatan Laut, Pejabat Utama Jajaran Kepolisian Daerah Papua Barat. Bertempat di Gedung Serba Guna Koarmada III, Jl. Yos Sudarso Poros Katapop, Kelurahan Majener, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Rabu (11/1/2023).

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, dalam sambutannya mengungkapkan, hal ini merupakan suatu wujud kebersamaan kita TNI Polri dan kita sudah solid dan bersinergi dan ini merupakan pertama kalinya petinggi TNI Polri hadir yang dimulai dari tanah Papua dan nantinya ke depan sinergitas TNI Polri jangan diragukan lagi, dimana TNI Polri merupakan garda terdepan benteng negara dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Saya berharap bahwa ditangan kalian TNI Polri dapat mengawal dan mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Jangan mudah terprovokasi dengan orang-orang yang hanya ingin mencari keuntungan, kalianlah benteng negara yang menjaga NKRI ini,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan olehnya, Pemerintah pusat telah memberikan perhatian yang sangat baik kepada wilayah Indonesia timur yaitu Papua hal ini untuk kesejahteraan masyarakat Papua dan mari kita kawal pembangunan ini sehingga dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat dan seluruh prajurit dan keluarga.

Sebagai pimpinan tertinggi di jajaran TNI Panglima TNI menegaskan, TNI harus dapat mendukung Polri dalam penegakan hukum, saya sebagai Panglima TNI akan bertanggungjawab dalam setiap tindakan Prajurit TNI dan Polri, tugas kalian dilindungi undang-undang TNI.

Dirinya mengajak kepada seluruh Prajurit TNI yang berada di Papua Barat Daya, “Mari kita humanis kepada masyarakat dan TNI Polri harus cerdas serta Prajurit TNI Polri harus menjaga/menghargai adat istiadat dan kearifan lokal yang ada, saya yakin apabila hal itu dapat diterapkan dan dilakukan maka tanah Papua ini akan aman dan lebih baik,” ucap Panglima.

“TNI Polri adalah harapan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menciptakan keamanan dan mensukseskan pembangunan yang ada di tanah Papua yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, disaat yang sama menjelaskan, “di sini saya sampaikan bahwa pentingnya sinergitas TNI Polri dalam menjaga kedaulatan negara dan bangsa. Solidaritas menjadi kunci stabilitas keamanan, masing-masing memiliki kemampuan dan hal itu apabila disatukan maka kita akan kuat”.

“Pemerintah terus mengambil langkah-langkah untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Papua, kita ketahui bahwa Sumber daya alam di Papua sangat melimpah dan ini kesempatan bagi kita untuk membangun tanah Papua ini, mari kita jaga dan kawal pembangunan ini, kelompok-kelompok bersenjata tidak boleh kita biarkan dan ini adalah tugas kita semua sehingga Papua itu aman dan damai,” tutur Kapolri.

“Pemerintah terus mengembangkan program-program pembangunan baik itu infrastruktur, pendidikan dll, dan saat ini juga telah dimekarkan DOB yaitu provinsi, dan peran kita semua untuk mengawal pembangunan demi kemajuan daerah tersebut,” ungkapnya.

(Tim/Red)

Berita Terkait

27 Januari 2023

Kapolres Lampung Utara Tepati Janji Tangkap Pelaku Curas Hewan Ternak Bersenjata Api

LAMPUNG UTARA, ICN - Masih kuat dalam ingatan kita saat Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail S.H., S.I.K., M.I.K yang turut mengusung jenazah (ILH) korban kasus pencurian disertai dengan kekerasan (Curas) hewan ternak kurang lebih satu...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *