Harumkan Nama Bangsa, Taruna AAL Raih Fair-Play Award di International Sailing Week 2023

IMG-20230504-WA0370

Jalesveva Jayamahe,
JAKARTA | ICN, 4 Mei 2023 – Prestasi yang ditorehkan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) sungguh membanggakan, dimana 3 Taruna tersebut telah mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan meraih “Fair-Play Award” dalam ajang International Sailing Week 2023, yaitu lomba layar tahunan di Livorno, Italia, Senin lalu (01/05).

Perlombaan yang dilaksanakan di Laut Mediterania ini berlangsung selama 4 hari terhitung mulai tanggal 28 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023 lalu, dimana setiap harinya dilombakan sebanyak 3 Race untuk kelas Tridente 16.

Sermadatar Pranaditya Suud, Sermadatar Evan dan Sermadatar Sangia adalah para Taruna AAL yang berhasil meraih prestasi tersebut. Perlombaan internasional khusus bagi para Taruna Angkatan Laut seluruh dunia ini diikuti oleh 25 Tim Naval Academy dari 25 Negara. Suatu kebanggaan bagi TNI Angkatan Laut (TNI AL) bahwa putra putri calon penerus kepemimpinan TNI AL ini dapat berprestasi di kancah internasional.

Penghargaan “Fair-Play Award” ini diberikan karena para Taruna AAL dapat mengikuti rangkaian perlombaan tanpa mendapatkan penalti sedikitpun serta dapat mengikuti semua program di Accademia Navale (Italia Naval Academy) dengan baik. “Ini merupakan kali pertama AAL mengikuti Sail Regatta dan mendapatkan tropi Most Fair Player Award,” ujar Head of Delegation, Kolonel Laut (S) Wisnu Agung P.

Ajang International Sailing Week 2023 ditutup dengan Closing Ceremony yang diselenggarakan di Gym Building, dengan diselingi pemberian penghargaan kepada para peserta berprestasi. Selama perhelatan lomba, para peserta juga berkesempatan menjalani kegiatan Taruna Laut Italia sehari-hari dan bersosialisasi dengan para Taruna di berbagai belahan negara.

Pesan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yang disampaikan oleh Asisten Personel (Aspers) Kasal, Laksda TNI Rahmad Wahyudi, kepada para Taruna AAL yang mengikuti perlombaan International Sailing Week 2023, bahwa mereka datang ke Italia bukan hanya untuk bertanding melainkan juga sebagai Duta Bangsa dan menjalankan misi Diplomasi yang dimana Diplomasi adalah salah satu tugas pokok TNI AL.

[Red]
Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

About Author