HUT Ke-77 KODAM III/Siliwangi Prajurit Yonif Raider 300/BJW Ikuti Lomba Orienteering

IMG_20230521_201844

CIANJUR, ICN – Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Kodam III/Siliwangi Tahun 2023, digelar perlombaan Orienteering di Stadion Siliwangi Jl. Lombok No. 10 Bandung, Kamis (18/05/2023).

Hal tersebut yang disampaikan komandan batalyon Infanteri Raider 300/Bjw Kodam III/Slw, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam release tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Sabtu (20/05/2023).

HUT Kodam Ill/Siliwangi mengusung tema “Profesional dalam pengabdian, inovatif dalam pemberdayaan, soluti untuk kesejahteraan prajurit dan masyarakat”.

Katopdam III/Slw Kolonel Ctp Arief Mushoffak, S.T. selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa perlombaan orienteering menggunakan kelas Sprint jarak 2,7 km diikuti 189 peserta yang dibagi dalam kelompok senior usia diatas 23 tahun dan yunior dibawah 23 tahun. Pada kelompok senior putra sejumlah 88 orang dan senior putri sejumlah 15 orang. Sedangkan pada kelompok yunior putra sejumlah 70 orang dan yunior putri sejumlah 16 orang.

Peserta lomba datang dari berbagai profesi dan daerah, baik kalangan militer maupun sipil. Mereka datang dari Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Jakarta. Lomba juga diikuti berbagai komunitas lari diantaranya Riot Bandung, Sayap Kiri Club, Siliwangi Generation, dan Club Jaladara Vone Purwakarta.

Lomba Oreinteering yang mengambil semboyan “Jadikan olah raga Orienteering sebagai sebuah ajang prestasi dan keterampilan” dibuka secara langsung oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Hasil perlombaan orienteering untuk kelompok senior putra juara satu diraih oleh Kopda M. Asep Sumadi dari Yonif PR 328 dengan waktu 16 menit 10 detik, kedua Andi Lalang dari Batavia OR dengan catatan waktu 19 menit 18 detik dan ketiga Praka Karsiwan Yonif Raider 300/BJW catatan waktu 20 menit 8 detik.

Untuk kelompoK senior putri juara pertama Sinta Marganeta dari KMPA Ranti Pager Aji Unisma dengan waktu 30 menit 09 detik, kedua Asri Korifa Era Nisa dari umum dengan catatan waktu 32 menit 02 detik dan ketiga Serma Ernita dari Koramil 1716/Dawuan Kodim 0617/Majalengka dengan catatan waktu 32 menit 50 detik.

Pada kelompok Yunior putra juara pertama Syamsul Gozy Fahri dari Dinamik dengan waktu 24 menit 43 detik, kedua Ahmad Syaiful Alim dari TOP Marinir dengan waktu 25 menit 28 detik dan ketiga Achmad Adhy Yanto dari Pandawa dengan waktu 26 menit 30 detik.

Kelompok yunior Putri juara pertama Wulandari Dewi Lestari dari Batavia orienteering catatan waktu 25 menit 03 detik, kedua Umi Naziah dari Tegal catatan waktu 50 menit 54 detik dan ketiga Jihan Inayah dari Mapala Benteng Alam catatan waktu 53 menit 42 detik.

Kepada para pemenang lomba di tiap kelompok, diberikan hadiah medali dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Pangdam III/Siliwangi.

Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh timnya. “Kami sangat bangga dengan hasil yang dicapai oleh prajurit Yonif Raider 300/BJW dalam lomba orienteering ini. Keahlian dan ketekunan mereka dalam menghadapi tantangan medan sangat menginspirasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Pangdam III/Siliwangi memberikan apresiasi kepada seluruh peserta lomba dan mengucapkan selamat kepada Tim Yonif Raider 300/BJW atas keberhasilan mereka. Ia juga menekankan pentingnya menjaga semangat juang, kekompakan, dan keterampilan prajurit dalam menghadapi setiap tugas yang diemban.

[Red]
Sumber : Pen Yonif Raider 300/Bjw

About Author