Kasal : Hari Armada RI Sebagai Sarana Refleksi Diri dan Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Tugas TNI AL

IMG-20231206-WA0006

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM |Jalesveva Jayamahe,

Jakarta, 6 Desember 2023 — Tepat di tanggal 5 Desember 2023, TNI Angkatan Laut (TNI AL) merayakan Peringatan Hari Armada Republik Indonesia (RI) dengan dilaksanakan upacara militer yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bertempat di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Selasa (5/12).

Berdirinya Armada RI berdasarkan SK KSAL No.A. 4/2/10 tanggal 14 September 1959 yang saat itu ditetapkan sebagai organisasi Komando Armada ALRI, kemudian diresmikan pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oleh KSAL saat itu, Komodor Laut R.E. Martadinata. Selanjutnya setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai “Hari Armada RI”.

Peringatan Hari Armada RI tahun 2023 yang mengusung tema, “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju” ini sebagai sarana refleksi diri serta evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai.

“Momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama laut nusantara,”ungkap Kasal.

Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa TNI AL akan dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kekuatan melihat dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini.

“Keberadaan Armada yang handal tidak hanya sebagai simbol kekuatan. Namun hal ini menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia,” imbuh Kasal.

Pada upacara tersebut dilaksanakan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kesetiaan, Penganugerahan Kenaikan Pangkat Luar Biasa dan Penganugerahan Bendera Artileri kepada Prajurit dan KRI Berprestasi.

Acara semakin meriah dengan penampilan defile dan demonstrasi kecakapan prajurit TNI AL berupa demonstrasi SSAT Pertempuran Pangkalan, atraksi bela diri, demonstrasi pesawat, terjun payung, serta juga dilaksanakan hiburan pentas kesenian tradisional Indonesia Reog Ponorogo dan tarian tradisional yang mewakili wilayah Koarmada RI, Koarmada I, II dan III.

Perlu diketahui, Panglima Koarmada RI saat ini dibawah komando Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto. Koarmada RI yang berkedudukan di Jakarta membawahi tiga Armada bernomor yaitu Koarmada I yang berkedudukan di Tanjung Piang dipimpin oleh Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono sebagai Pangkoarmada I, Koarmada II yang berkedudukan di Surabaya dipimpin Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan sebagai Pangkoamada II, sedangkan Koarmada III yang berkedudukan di Sorong dipimpin oleh Laksamana Muda TNI Hersan sebagai Pangkoarmada III.

[Red]
Sumber: Penerangan Angkatan Laut.