Kepala Staf Kodim 0711/Pemalang Hadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional, Tingkat Jateng

IMG-20240503-WA0026

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM |PEMALANG – Kepala Staf Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma Mayor Cba Eko Budi Sardjono mewakili Dandim menghadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024 tingkat Provinsi Jawa Tengah dengan mengangkat tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” .Kamis (2/5/2024).

Kegiatan tersebut berlangsung di Alun-alun Kabupaten Pemalang bertindak sebagai pembina upacara Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno, SE., MM., dan sebagai pemimpin upacara Kabid Diksus Disdikbud Provinsi Jawa Tengah Sunarto.

Upacara diikuti pasukan Korsik Satpol PP Kabupaten Pemalang, Gabungan Guru SMA Kab. Pemalang, Guru SMP Kecamatan Pemalang, Gabungan Mahasiswa Kab. Pemalang, OSIS SMA N 1 dan SMA N 2 Pemalang, siswa SD dan siswa SMP Kecamatan. Pemalang, Pramuka PGRI Kabupaten Pemalang dan PMR Kabupaten Pemalang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pemalang H. Mansur hidayat ST. M. Ling., Wakapolres Pemalang Kompol Gunawan Wibisono SH. SIK., Kepala Kejaksaan Negeri Pemalang Muib, S.H., M.H.L.i., Wakil ketua pengadilan negeri Pemalang Agustinus Y, SH. Sekda Kabupaten Pemalang Heriyanto S.Pd., M.Si., Para kepala OPD terkait Provinsi Jawa Tengah, Para Asisten dan kepala OPD Kabupaten Pemalang dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Hj. Ny. Rosalia Mansur hidayat.

Dalam amanatnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan oleh pembina upacara menyampaikan, Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbud Ristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Selanjutnya, kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.

“Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” tuturnya.

“Waktu yang bergulir membawa pada akhir masa pengabdian saya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Namun, ini bukanlah titik akhir dari gerakan Merdeka Belajar. Dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,”pungkasnya.

Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan kegiatan penyematan secara simbolis rompi tim pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan (TPPK), Penyerahan penghargaan bagi insan pendidikan berprestasi nasional dan internasional dan Launching LKS ke XXXII dan pameran produk vokasi tingkat provinsi jawa tengah. (Iwan)

Berita Terkait