Korem 031/Wira Bima Gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Ketahanan Pangan Tahun 2024

IMG-20240324-WA0146

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | PEKANBARU ,- Komandan Komando Resor Militer (Korem) 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca memimpin rapat koordinasi dan penandatanganan PKST antara Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan Dan Holtikultura Provinsi Riau Ir. Syahfalevi,M.Si. dengan Kasiter Korem 031/Wira Bima Kolonel Inf N Wahyu Nugroho, S.E di Ruang Yudha LT 2 Makorem Jalan Mayor Ali Rasyid, Kota Pekanbaru, Jumat (22/3/24).

Rapat yang dilaksanakan secara Video Conference (Vicon) dengan para Komandan Kodim Jajaran Korem 031/WB dan Kadistan Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi Kegiatan Optimasi Lahan Rawa di wilayah Provinsi Riau seluas 3.336 Ha akan segera direalisasikan.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dalam menjalankan tugasnya “Operasi Militer Selain Perang” (OMSP) yang bertugas untuk membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam berbagai program, termasuk program ketahanan pangan. Mereka dapat memberikan bantuan dalam hal pengamanan lahan pertanian yang saat ini lebih dikenal dengan OPLA (Optimasi Lahan) rawa, distribusi logistik pangan, pelatihan petani, dan berbagai kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan ketahanan pangan di wilayah tersebut. Kerja sama antara Korem 031/WB beserta jajaran Kodim dan Pemda sangat penting untuk mencapai tujuan ini.

Danrem menyebutkan, “Melihat dari Kontur tanah, kondisi lahan di Provinsi Riau yang berbeda dengan wilayah lain di Indonesia, perlu adanya penanganan secara khusus dan melibatkan ahli untuk dapat menghasilkan produksi Padi yang maksimal sesuai yang diinginkan”.

“Selain itu Tujuan utama dari kegiatan Optimasi Lahan Rawa adalah untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari IP 100 ke IP 200 dan dari IP 200 menjadi IP 300, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan secara nasional maupun daerah,”
pungkas Danrem.

Sambil menunggu Survey Identifikasi Disain (SID) yang sedang dalam progress agar segera dilakukan percepatan sehingga target yang telah ditentukan yaitu pada bulan Juni 2024 sudah selesai pekerjaan konstruksi dan bisa dilaksanakan olah tanam.
Apalagi dengan adanya Kegiatan Pompanisasi yang telah diusulkan oleh Dinas Kabupaten dengan melengkapi persyaratan di antaranya Calon Petani Calon Lahan (CPCL), akan segera diajukan oleh Distan Provinsi Riau kepada Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) untuk segera direalisasikan khususnya Kabupaten Siak dan wilayah Provinsi Riau pada umumnya.

Tampak hadir dalam rapat offline tersebut Danrem 031/WB, Kadis Pangan TPH Riau, Kepala BSIP Riau, Kepala Balai Besar Padi Riau, Kasiter Kasrem 031/WB, Dandim 0313/Kpr, 0322/Siak Kadistan Kabupaten Kampar dan Siak.
Secara vicon Dandim 0302/Inhu, 0303/Bkls, 0314/Inhil, 0321/Rohil beserta Kadistan Kabupaten daerah masing-masing.

[Tim/Red]

Berita Terkait