TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2024 Desa Susukan Comal Resmi Dibuka

IMG-20240220-WA0055

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | PEMALANG – Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma menggelar upacara pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I TA. 2024, bertempat di lapangan Desa Susukan, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang dengan tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah”, Selasa (20/2/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST., dan sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Danramil 05/Ulujami Kapten Inf Heri Purnomo serta diikuti pasukan upacara dari Satuan Korsik Pemda Pemalang, Kodim 0711/Pemalang, Lanal Tegal, Satradar 214/Tegal, Polres Pemalang, Satpol PP Kab. Pemalang, Korpri, Linmas Kec. Comal, Banser Kec. Comal, gabungan perangkat desa se Kec. Comal, Linmas, Karang Taruna, Osis, Pramuka.

Sebagai tanda dibukanya TMMD Sengkuyung I tahun 2024 di desa Susukan Kecamatan Comal kabupaten Pemalang, Bupati Pemalang secara simbolis menyerahkan alat peralatan kerja kepada perwakilan pekerja TMMD, penandatangan naskah berita acara dan penyerahan berita acara pelaksanaan TMMD dari Bupati Pemalang kepada Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap I TA. 2024 Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., dilanjutkan pemukulan kenthongan.

Dalam amanatnya Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST., menyampaikan Bahwa hari ini kita dapat berdiri di sini untuk satu semangat dan aksi demi Ibu Pertiwi, dan demi masyarakat yang sejahtera berdikari dalam satu wadah NKRI. Terima kasih dan apresiasi TMMD kembali digulirkan di Kabupaten Pemalang selama 30 hari dari tanggal 20 Februari sampai dengan 20 Maret 2024 di Desa Susukan Kecamatan Comal dengan sasaran fisik Pembangunan Rabat Beton sepanjang 348 x 3,5 m beserta fasilitas pelengkapnya yang menghubungkan dengan Desa Sarwodadi dan Desa Padek.

“Guna mendukung Kegiatan TMMD Tahun 2024 di Desa Susukan telah mengalokasikan bantuan sebesar Rp. 301.000.000 (tiga ratus satu juta rupiah) melalui Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa. Disamping itu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga mengalokasikan sebesar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah),”ucap Bupati.

Bupati yakin dalam kebersamaan dan kegotong royongan yang terus kita kembangkan, banyak kemudahan yang kita dapatkan untuk mengatasi persoalan kini dan yang ada di depan. Bersama saatnya kini kita torehkan karya yang punya nilai kebaikan dan membahagiakan. Bersama kita uraikan benang kusut persoalan dengan solusi tepat dan menyejahterakan.

“Ayo kita sengkuyung bareng-bareng program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat. Bangun Desa dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Desane maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakate komplet, SDM-me makin berkualitas, mandiri, punya spiritualitas tinggi, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat. Lan sing ora kalah penting, kabudayane tansah lestari,” tuturnya dengan sebagian dialog menggunakan bahasa Jawa.

Pada akhir sambutannya Bupati mengucapkan maturnuwun (Trimakasih) dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD. “Saatnya kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada Ibu Pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan di Kabupaten Pemalang,” urainya.

Setelah pelaksanaan upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., bersama unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya meninjau lokasi sasaran fisik TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2024 Kodim 0711/Pemalang yaitu pembentukan badan jalan dan Makadam serta Rabat beton.

Dilanjutkan dengan menerima paparan dari Danramil 04/Comal Kapten Arm Andumiyanta tentang pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2024 di Desa Susukan.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat, ST., Komandan Kodim 0711/Pemalang Letkol inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., Wakapolres Pemalang Kompol Gunawan Wibisono, Kepala Kejaksaan Negeri Pemalang Muib, SH., Panmud Pidana PN Pemalang Dian Jati Wiwoho, Waka Pengadilan Agama Pemalang H Fahmi R, S.Ag., MHI., Sekda Pemalang Heriyanto S.Pd, M.Si., OPD Kab. Pemalang, Kasdim 0711/Pemalang Mayor Cba Eko Budi Sardjono, Para Pasi dan Danramil Jajaran Kodim 0711/Pemalang, Muspika Kec. Comal, Kades Susukan Irfanudin dan perwakilan anggota Persit KCK Cab. XXI Kodim 0711/Pemalang.

Sumber. : Pendim Pemalang
Jurnalis : Iwan

Berita Terkait