Presiden Joko Widodo Sampaikan Kemitraan ASEAN – Jepang Harus Direalisasikan dalam Bentuk Kerja Sama Konkret

IMG-20231218-WA0053

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM – Bapak Presiden Joko Widodo Kemitraan ASEAN-Jepang selama 50 tahun telah meraih banyak capaian dalam menjaga stabilitas dan perdamaian, mendekatkan masyarakat, serta menggerakkan pertumbuhan ekonomi kawasan.

Itulah yang Bapak Presiden Joko Widodo sampaikan saat berpidato di hadapan pemimpin negara yang hadir di KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Hotel The Okura, Tokyo, pagi ini waktu setempat.

Karena itu, kemitraan ASEAN-Jepang harus direalisasikan dalam bentuk kerja sama konkret yang saling menguntungkan dan bermanfaat langsung bagi masyarakat, seperti pendanaan infrastruktur, transisi energi, transformasi digital, ketahanan pangan, dan penguatan rantai pasok.

Kemitraan ASEAN-Jepang harus berorientasi masa depan. Untuk itu, ASEAN berharap Jepang sebagai salah satu mitra paling aktif dapat terus menjadi trusted partner dalam mewujudkan Asia Timur dan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang tangguh dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

[Tim/Red]

Berita Terkait