Presiden Jokowi Berikan Kuliah di Hadapan Akademisi dan Mahasiswa Stanford University, Amerika Serikat

IMG-20231116-WA0051

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM – Bagaimana komitmen Indonesia dalam menghadapi ancaman perubahan iklim saat ini? Presiden Joko Widodo menyampaikannya di hadapan akademisi dan mahasiswa Stanford University, San Fransisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11) waktu setempat.

Tampil memberikan kuliah umum di salah satu perguruan tinggi terkemuka di dunia itu, saya menyampaikan bahwa Indonesia telah mengambil peran mengatasi hal tersebut. Indonesia walks the talk, not talk the talk.

Hingga saat ini Indonesia telah berhasil menurunkan emisi sebesar 91,5 juta ton diikuti oleh keberhasilan menekan laju deforestasi hingga 104.000 hektare hingga tahun 2022. Indonesia juga telah melakukan rehabilitasi kawasan hutan seluas 77.000 ha dan merestorasi hutan bakau seluas 34.000 ha hanya dalam waktu satu tahun.

Namun, saat ini masih terdapat tantangan besar bagi Indonesia dan juga negara berkembang lainnya untuk melakukan tansisi energi utamanya dalam transfer teknologi dan pendanaan. Indonesia ingin memastikan bahwa transisi energi juga menghasilkan energi yang bisa terjangkau oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, saya mengundang mahasiswa-mahasiswa Stanford University untuk mengunjungi Ibu Kota Nusantara dan melihat secara langsung proses serta perkembangan pembangunan di sana. IKN direncanakan menjadi kota pintar berbasis hutan yang akan banyak menggunakan energi hijau dari matahari dan air. (Tim/red)

About Author

Berita Terkait

11 Desember 2023

PT WSP Serah Terima Kunci Massal Perumahan Grand Madani Residence 3 Tangerang

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | Kabupaten Tangerang - PT Wira Sakti Propertindo (WSP), Pengembang Perumahan Grand Madani Residence 3 yang berlokasi di Desa Lembangsari,Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/12/2023) melakukan serah terima...