Tausyiah Wapres Ma’ruf Amin: Puasa Sebagai ‘Ibadah Spesial’, Kendalikan Hawa Nafsu

IMG-20240329-WA0053

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM, – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan tausyiah sebelum acara buka puasa di Istana Negara, Kamis, 28 Maret 2024, bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Ma’ruf mengingatkan soal kewajiban puasa sebagai ‘ibadah spesial’ dan soal tantangan terbesar bagi orang beriman adalah melawan hawa nafsu. Eks Ketua Majelis Ulama Indonesia ini mengatakan memerangi hawa nafsu merupakan jihad besar dalam Islam.

Dalam ceramahnya, Ma’ruf mengutip Al Quran yang mengatakan nafsu membawa kejelekan, karena itu harus dikendalikan. Wapres mengibaratkan nafsu itu seperti anak kecil.

“Dia selalu minta nete, menyusu. Kalau tidak diberhentikan enggak mau berhenti sampai besar, sampai besar bukan sampai 40 tahun,” kata Wapres disambut gelak tawa presiden dan para menteri.

“Kalau 40 tahun lain lagi. Kalau kita hentikan, jadi harus dihentikan kayak menghentikan anak menyusui,” ucap Ma’ruf.

Para menteri berdatangan ke kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 16.30. Beberapa di antaranya seperti Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono.

Hampir semua menteri datang di ruang utama Istana Negara, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo yang merupakan presiden terpilih 2024-2029.

Sampai pukul 17.16 WIB belum tampak Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut hadir dalam acara ini.

Ini merupakan buka puasa pertama Jokowi dan para menteri di Istana Negara sejak 2019. Pada 2020 Kompleks Istana Kepresidenan dibatasi secara ketat akibat Covid-19 hingga aturan pandemi dilonggarkan pada 2023.

Adapun menteri lain yang turut hadir dalam acara ini yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Terlihat juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Jaksa Agung ST Burhanuddin, sejumlah wakil menteri juga turut menghadiri acara ini
Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Kemudian Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan kuliah tujuh menit. Presiden Jokowi duduk bersama Prabowo, Airlangga, Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Polhukam Hadi Tjahjanto.

*[Tim Redaksi]

Berita Terkait

18 April 2024

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembacokan di Lokalisasi Tulang Bawang Barat

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | Tulang Bawang Barat, - Polisi masih menyelidiki kasus pembacokan yang terjadi di tempat lokalisasi Tiyuh Candra Mukti, Kecamatan Tulang Bawang Tengah yang menyebabkan warga tiyuh gunung katun tanjungan kecamatan Tulang...