Perbaikan Irigasi Si Topeng Wujud Nyata Karya Bakti Koramil 09/Bantarbolang

IMG-20231224-WA0047

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | PEMALANG – Pembersihan dan perbaikan irigasi bukanlah tugas yang mudah, mengingat tugas tersebut memerlukan banyak tenaga dan waktu. Dukungan dari berbagai pihak, seperti TNI dan masyarakat, sangat dibutuhkan dalam upaya untuk melestarikan lingkungan dan sumber daya air. Oleh karena itu, kegiatan seperti karya bakti pembersihan irigasi Si Topeng dari Dukuh Karangjati sampai Dukuh Wangkal Doyong, Desa Sumurkidang, Kecamatan Bantarbolang yang dilakukan oleh Koramil 09/Bantarbolang, berjarak 300 meter, yang dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Inf Sarmin bersama 5 orang anggota serta sekitar 60 Warga Masyarakat. Sangatlah penting untuk dilakukan secara rutin dan teratur. Sabtu (23/12/2023).

Selain menunjukkan semangat gotong royong, kegiatan karya bakti pembersihan irigasi Si Topeng juga membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Irigasi yang bersih dan lancar akan memperlancar aliran air dan irigasi dapat digunakan dengan optimal, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya untuk pertanian dan kegiatan lainnya.

Kegiatan karya bakti pembersihan irigasi Si Topeng ini juga menunjukkan bahwa Koramil 09/Bantarbolang, Kodim 0711/Pemalang, tidak hanya berfungsi dalam aspek keamanan nasional, tetapi juga dapat membantu masyarakat dalam memperbaiki lingkungan sekitar. Hal ini membuktikan bahwa kemanunggalan TNI-Rakyat dan sinergitas yang baik antara instansi pemerintah, masyarakat, dan TNI sangatlah penting dalam menjaga kerukunan dan ketertiban di wilayah.

Selain itu, kegiatan karya bakti seperti ini juga berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan sumber daya air. Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya peran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan lingkungan yang bersih serta sehat.

Sebagai sebuah kegiatan yang bersifat sosial, karya bakti pembersihan irigasi tidak hanya memperbaiki lingkungan, tetapi juga dapat membangun rasa tolong menolong dan persatuan di antara masyarakat sekitar. Dalam upaya untuk mencapai misi tersebut, sangat penting untuk melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan karya bakti pembersihan irigasi dapat dilakukan secara berkala. Selain memiliki banyak manfaat, kegiatan ini juga dapat membina kerja sama dan kedekatan antara masyarakat dan TNI.
Melalui kegiatan serupa, akan tercipta rasa saling menghargai, saling membantu dan kerja sama dalam memperbaiki lingkungan, serta dapat membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Kegiatan karya bakti pembersihan irigasi Si Topeng yang dilakukan oleh Koramil 09/Bantarbolang memperlihatkan betapa pentingnya peran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan serta membuktikan betapa pentingnya sinergitas antara TNI dan masyarakat, serta instansi pemerintah dalam menjaga kerukunan dan ketertiban wilayah. Melalui kegiatan serupa, kita dapat memperbaiki lingkungan dan membangun kerja sama yang saling menguntungkan.(Iwan)