Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani Hadiri Acara Ritual Adat Masyarakat di Perbatasan

IMG_20230427_215915

KAPUAS HULU, ICN – Personel Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani menghadiri rangkaian Kegiatan Tradisi Adat Tolak Bala yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kekurak bersama Ketua Adat dengan warga Desa Kekurak Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (27/04/2023).

“Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Satgas dari Pos Kotis dan Pos Perumbang, serta diikuti sekitar 100 Orang Warga Masyarakat setempat. Ritual ini dilakukan agar memberikan rasa keamanan dan keselamatan khususnya kepada masyarakat sekitar wilayah Desa Kekurak Kecamatan Badau,”ujar Dansatgas.

“Pelaksanaan kegiatan Tradisi Adat Tolak Bala merupakan kegiatan Tradisi yang perlu dilestarikan karena kegiatan ini merupakan salah satu kearifan lokal bagi masyarakat sekitar yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan warisan secara turun temurun dari leluhur,” tambahnya.

Kegiatan Tradisi Adat Tolak Bala berlangsung dengan aman dan lancar, serta terjalinnya hubungan silaturahmi dan kekeluargaan yang baik antara personel satgas dengan aparat serta masyarakat setempat di wilayah perbatasan.

Rangkaian kegiatan itu dihadiri oleh Pasiintel Satgas Lettu Arm Muhammad Belly, Dokter Satgas Lettu Ckm dr. Ekal Tarigan, Danpos Perumbang Letda Czi Hendri Satria, Koramil Badau, Polsek Badau, Kepala Desa Kekurak Bapak Dominikus Jacksen Janguk, Kepala Desa Janting Bapak Yohanes Entalang, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Perwakilan dari PT.Karya Mas dan PT.BBM serta masyarakat Desa Kekurak.

[Rls/Red]

Berita Terkait

18 April 2024

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembacokan di Lokalisasi Tulang Bawang Barat

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | Tulang Bawang Barat, - Polisi masih menyelidiki kasus pembacokan yang terjadi di tempat lokalisasi Tiyuh Candra Mukti, Kecamatan Tulang Bawang Tengah yang menyebabkan warga tiyuh gunung katun tanjungan kecamatan Tulang...