Satgas TNI Lanjutkan Evakuasi Tidak Hanya WNI Namun WNA dari Sudan

IMG_20230429_155814

JAKARTA, ICN – Misi kemanusiaan yang dilakukan Satgas TNI, untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Sudan masih terus berlanjut, tidak hanya WNI namun beberapa WNA (Warga Negara Asing) juga berhasil dievakuasi. Arab Saudi, Sabtu (29/4/2023).

Sebanyak 28 WNI dan WNA (berasal dari Bangladesh, Filipina, Australia, dan Djibouti) berhasil dievakuasi dari Port Sudan ke Jeddah menggunakan pesawat B-737 A-7305 TNI AU, sehingga yang sudah dievakuasi berjumlah keseluruhan 372 orang (WNI 355 orang dan WNA 17 orang).

Hal ini menunjukan bahwa TNI dalam misi kemanusiaan tidak deskriminatif terhadap suku dan bangsa serta sebagai bagian dari masyarakat internasional, Indonesia menunjukan kontribusinya secara aktif.

Sortie pada Jumat (28/4/2023) kemarin merupakan tahap terakhir evakuasi rute Jedah – Port Sudan – Jedah. Selanjutnya akan dilakukan proses pemulangan WNI ke tanah air dari Jeddah ke Jakarta, jelas Kepala Dinas Penerangan TNI AU, (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos.

Sesampainya di Jeddah WNA akan melanjutkan perjalanan kembali ke negara masing-masing. Sementara untuk WNI saat ini masih dalam tahap proses pemulangan ke tanah air dari Jeddah ke Jakarta.

Tim evakuasi dipimpin _mission commander_ Kolonel Pnb Noto Casnoto.Tim terdiri dari Kru pesawat, personel Satbravo Kopasgat, Kesehatan, Psikolog, BAIS TNI, Puspen TNI, dan staf Kemenlu.

#tnipatriotnkri
#nkrihargamati
#tnikuatrakyatbermartabat

[Red]
Autentikasi:
Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Arm Suhendro Oktosatrio

About Author