YJI Blora Ajak Puskesmas Wujudkan Budaya Hidup Sehat

IMG-20240130-WA0018

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM – Di Pendopo Kabupaten Blora Jawa Tengah yang berada di Jalan Kunden Alun – Alun Kecamatan Blora, Kabupaten BLora, Jateng (29/1) diadakan Pelantikan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kabupaten Blora masa bhakti 2024 –2029.

Hadir dalam acara tersebut selain Bupati Blora beserta isteri Hj Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD., M.Pd.BI dan jajarannya, juga dihadiri Ketua dan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Jawa Tengah, Ketua dan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kabupaten Blora yang akan dilantik, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia KORMI Kabupaten Blora dan beberapa tamu undangan lain. Acara pelantikan juga disaksikan oleh beberapa penggiat Klub olahraga seperti Relawan Eco Enzym Nusantara, Klub Jantung Sehat (KJS) Mustika, KJS MAOS (Manut Obahe Sikil), KJS Wreda Wirogo, Gowes Suka – Suka, KJS Sehat Bugar Ceria, KJS Ngudi Waras Perumahan, Klub Senam Bugar, Senam Nordik Cepu Blora, Senam Ceria Cepu, DARI Ngawen dan ASKI.

Dalam pelantikan tersebut Achmad Nur Hidayat, SH, MSi, MM terpilih sebagai Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kabupaten Blora. Pipit Windri Aryati Sekretaris dan Kadarusmi Bendahara serta dibantu beberapa bidang. Bupati Kabupaten Blora H Arief Rohman, S.IP., MSi sebagai Pembina dan H. Bambang Sulistyo sebagai Penasehat.

Setelah dilakukan pelantikan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kabupaten Blora oleh Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Jawa Tengah, Ketua terpilih Achmad Nur Hidayat, SH, MSi, MM dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa hidup harus seimbang sehat jasmani dan sehat rohani, khususnya jantung sehat. Menurut Achmad Nur Hidayat, jantung itu ibarat motor, “Kalau jantung kita sehat, hidup ini tinggal ngglender, tinggal jalan saja. Meskipun kita banyak uang kalau jantungnya tidak sehat, makan pun tidak enak,” kata Achmad .

“Kepala Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten diharapkan dapat menjadi motor penggerak upaya kesehatan Jantung Kabupaten Blora,” lanjutnya.
Dalam sambutannya, selaku Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi Jawa Tengah , Hj Sri Lestari Soediro, SE, SH, MH mengharapkan dengan dilantiknya Pengurus YJI Cabang Kabupaten Blora dapat membantu pemerintah khususnya dalam mewujudkan masyarakat yang berjantung sehat sesuai visi dan misi YJI yang diembannya. “Untuk mewujudkan masyarakat yang diidam – idamkan Yayasan jantung di dalam menjalankan kerja – kerja lapangan jangan lupa Panca Usaha Jantung Sehat. Yakni Seimbangkan Gizi, Enyahkan Rokok, Hadapi dan atasi Stress, Awasi Tekanan Darah dan Teratur Olahraga, yang dikenal dengan akronim SEHAT,” kata Ibu Soediro panggilan akrabnya Hj. Sri Lestari Soediro, SE, SH, MH.,

“Pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Kabupaten Blora yang baru saja dilantik diharapkan memiliki pengetahuan tentang kesadaran pencegahan penyakit jantung . Terjadinya peningkatan berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, penyakit jantung akhir – akhir ini perlu diantisipasi bersama.
Untuk itu keberadaan Yayasan Jantung Indonesia dengan kiprahnya di bidang kesehatan diharapkan peran sertanya agar mampu membantu pemerintah dengan melakukan kampanye – kampanye hidup sehat, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat, melakukan sosialisasi, penyuluhan kesehatan dan olahraga, “ kata H Arief Rohman, S.IP., MSi selaku Bupati Blora dalam sambutannya.

“Setelah kepengurusan dilantik maka segera susun program kerja yang inovatif, melakukan terobosan – terobosan , meningkatkan koordinasi dengan komponen yang ada. Adakan juga beberapa even- even olahraga yang mampu memacu kelompok – kelompok yang sudah ada di Blora,” pungkas Arief Rohman.

Jurnalis: Agung S

Berita Terkait