Songsong Indonesia Emas, Ma’ruf Amin: Pesantren Jadi Pusat Ekonomi Syariah

IMG-20240329-WA0049

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM, – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong agar pondok pesantren menjadi pusat kegiatan ekonomi dan keuangan syariah. Menurut Wapres, sehingga pesantren tidak hanya menjadi pusat pendidikan dan dakwah. 

“Sekarang sedang kita giatkan (ekonomi dan keuangan syariah) dan pesantren harus jadi pusatnya. Jadi, pesantren selain pusat pendidikan juga pusat dakwah, pesantren harus mampu menjadi pusat pemberdayaan masyarakat,” kata Wapres saat membuka “Indonesia Quran Hour 2024” yang diadakan Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) Indonesia di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Wapres menjelaskan, upaya itu juga diikuti dengan dukungan dari pemerintah, dengan pembentukan Komite ekonomi dan keuangan yang di pusat hingga provinsi. “Kita membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) serta di tingkat daerah di provinsi-provinsi juga kita bentuk,” ujarnya. 

Dikatakan Wapres, kemandirian ekonomi oleh umat juga merujuk pada anjuran yang diajarkan dalam Al-Qur’an. Ia menyebut, Al-Qur’an menuntun umat agar menjadikannya sebagai panduan, termasuk berekonomi dengan aturan syariat atau hukum agama. 

“Ekonomi itu bagian dari muamalah dan harus syariah, sebab bermuamalah tidak syariah seperti berdagang, berekonomi, kata para ulama sama dengan tidak ada. Walaupun ada untung besar, itu tidak ada nilainya, karena harta itu ada yang bernilai dan yang tidak bernilai,” ucap Wapres.  

“Itulah sebabnya kenapa kita membangun ekonomi dan keuangan syariah, ada industri halal, keuangan dan zakat wakaf, bisnis syariah. Pesantren harus jadi pusat pengembangan.” 

Indonesia Quran Hour” menjadi momentum mengajak umat muslim mendekatkan diri dengan kitab suci Al-Qur’an dan mendorong terciptanya kemandirian ekonomi umat. Kata Ketua Umum DPP Hebitren Indonesia, Hasib Wahab Chasbullah pada kesempatan yang sama.

“Kegiatan bertujuan mengajak semua orang mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan Al-Quran, menjalankan ajaran-ajaran mulia yang terkandung di dalamnya. Serta, berbuat kebaikan sesuai nilai-nilai AL-Qur’an,” kata Hasib.

“Sekaligus, dijadikan momentum merupakan agenda besar mendorong terciptanya cita-cita kemandirian ekonomi umat di Indonesia menyongsong dalam “Indonesia Emas”.” 
Adapun “Indonesia Quran Hour 2024” yang diselenggarakan Hebitren Indonesia, merupakan even akbar tahunan yang diselenggarakan secara rutin. Fokus utama pada penyelenggaraannya adalah penyatuan hati seluruh umat Islam dengan Al-Qur’an di seluruh dunia. 

*[Tim Redaksi]

Berita Terkait

6 April 2024

Tersinggung Tak Diberi Utang, Pemuda di Kembangan Nekat Bakar Warung

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | JAKARTA BARAT - Tersinggung tak diberi utang rokok, seorang Pemuda berinisial IM di Kembangan Jakarta Barat nekat melakukan aksi tidak terpuji dengan sengaja menimbulkan bahaya kebakaran di sebuah warung rokok di Jalan...