Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Pelaksanaan Turnamen Bola Voli Piala Ketua MPR RI di Purbalingga

IMG-20230915-WA0050

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM

PURBALINGGA – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Turnamen Bola Voli Piala Ketua MPR RI Tahun 2023, di Lapangan Baciropeni, Desa Losari, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Diikuti 16 tim dari tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen.

Juara 1 dimenangkan Tim Amanah Sidogumelar Singomerto dari Banjarnegara, mendapatkan hadiah Rp 7 Juta dan trophy. Juara 2 Tim Kamandaka dari Purbalingga, mendapatkan hadiah Rp 5 Juta dan trophy. Juara 3 Tim Vorema dari Purbalingga dan Juara 4 Tim BTB dari Purbalingga, yang masing-masing mendapatkan hadiah Rp 1,5 juta.

“Selamat kepada para pemenang. Bagi yang belum berhasil tidak perlu berkecil hati. Karena turnamen ini bukan sekadar tentang menang dan kalah, tapi lebih penting dari itu yakni memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” ujar Bamsoet di Purbalingga, Jumat (15/9/23).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, selain hidup sehat dan jiwa kuat, olahraga juga bisa merilekskan pikiran dari kesuntukan, serta menghindari tubuh dari berbagai penyakit. Dengan gemar berolahraga, interaksi sosial bisa semakin harmonis, sehingga potensi konflik dalam masyarakat juga bisa diminimalisir.

“Selain perwujudan semangat fairplay dan sportivitas dalam hidup, turnamen voli ini juga mencerminkan semangat Men Sana in Corpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan Ketua Umum Keluarga Olahraga Tarung Derajat (KODRAT) ini menerangkan, olahraga voli termasuk cabang olahraga ‘sejuta umat’. Berdampingan dengan sepak bola dan bulutangkis yang telah menjadi urat nadi kehidupan olahraga masyarakat. Tidak heran jika bermain voli juga dapat dijadikan ajang mempererat hubungan persaudaraan sesama anak bangsa.

“Karenanya, dalam pertandingan ini, hal yang lebih penting untuk dikedepankan adalah kebersamaan, bukan menang atau kalah. Dengan demikian target utamanya bukanlah menjadi juara, melainkan meningkatkan rasa persaudaraan,” pungkas Bamsoet. (red)

Berita Terkait