Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Ke 3 SMPN 257 Jakarta

IMG-20230321-WA0156

JAKARTA | ICN,21 Maret 2023 – Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan salah satu projek pada kurikulum merdeka yang dilaksanakan 3 kali dalam satu tahun pelajaran.

Salah satu projek yang dilaksanakan di SMPN 257 jakarta timur dan sekaligus projek ke tiga yaitu mengusung tema kewirausahaan dengan pokok kegiatan yaitu pentas seni & market day yang merupakan agenda tahunan SMPN 257 jakarta timur.

Kali ini kegiatan market day disemarakan dengan kunjungan dari orang tua murid SMPN 257 khususnya kelas 7.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya diikuti sambutan-sambutan.
Dalam kesempatan ini hadir pengawas SMPN 257 Jakarta
Drs Baharudin Dalimunte M.M.

Sambutan pertama oleh Suko Raharjo SPd selaku Ketua Pelaksana projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Dalam sambutannya di depan peserta didik,ia
berharap ke depannya peserta didik dapat mengembangkan inisiatif mereka sendiri dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Sambutan kedua oleh kepala sekolah SMPN 257 jakarta C Riyanti Susilo Wati M. MPD.
Dalam kesempatan ini kepala sekolah berpesan kepada peserta didik semua untuk mempunyai karakter jujur, unggul serta jiwa bersaing. Motivasi diri sangat penting untuk pengembangan karakter siswa di masa mendatang.

Dalam kesempatan ini, pengawas SMPN 257 Jakarta
DRS Baharudin Dalimunte M.M
berpesan kepada seluruh peserta didik apa yang sudah dilaksanakan dalam kegiatan projek tersebut bisa memahami apa itu kewirausahaan. Yang mana wirausaha itu adalah satu proses mulai dari pembuatan sampai market (penjualan) di mana modal awal bisa kembali dan ada keuntungan. Sehingga ke depannya peserta didik yang akan mengembangkan wirausaha bisa berdiri sendiri dari hasil projek yang sekarang didapatkan di sekolah.

Selanjutnya, seluruh siswa dan tamu yang hadir dipersilakan duduk di tempat yang telah disediakan. Sambil menyaksikan pentas seni dari ananda siswa-siswi SMPN 257 jakarta.

Masing-masing kelas mewakilkan penarinya untuk tampil di acara tersebut.
Diawali dari kelas 7a yang menampilkan tari SIM SIM, 7b tari lengang nyai, 7c tari sinangar tulo, 7d tari Indang, 7e tari kreasi cublak suweng, 7f tari ruai, 7g tari zapin, 7h tari mojang priangan dan ditutup kelas 7i dengan tarian Kinang Kilaras.

Acara market day dilanjutkan dengan kunjungan tamu ke stand- stand yang telah disediakan dan dilakukan oleh peserta didik dari perwakilan masing- masing kelas yang ada.

Kemeriahan acara diakhiri dengan arahan dan harapan dari kepala sekolah SMPN 257 Jakarta.
Ia berharap ke depannya acara projek penguatan profil pelajar pancasila terus ada.
Karena sangat berperan untuk peserta didik di kehidupan sehari-hari di tempat tinggalnya,pungkasnya.

[Murday]

About Author