Babinsa Koramil 13/Pulosari Berikan Materi Wasbang Kepada Siswa PGRI 2 Taman

IMG-20231116-WA0066

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | PEMALANG – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Pulosari Kodim 0711/Pemalang Peltu Muhammad Toha mengisi kegiatan belajar mengajar dengan memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada SMK PGRI 2 Taman di Objek wisata Bukit Tangkeban Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari, Kamis (16/11/2023).

Peltu Toha memberikan materi tentang pembinaan mental bagi para Siswa/siswi Masa Orientasi Pramuka. Babinsa mengingatkan, generasi muda menjadi garda terdepan dalam membangun suatu bangsa.
Maka diharapkan mempunyai mental yang kuat dan akhlak yang mulia. Tidak mudah tergoda dengan perbuatan yang bertentangan dengan agama dan hukum yang berlaku di NKRI,

Pelatihan PBB dan Wasbang yang kita berikan kepada siswa/siswi SMK PGRI 2 Taman ini dalam rangka Masa Orientasi Pramuka (MOP) untuk meningkatkan kemampuan, menanamkan disiplin dan membentuk karakter siswa/siswi sejak dini, sehingga dapat membentuk generasi bangsa yang berkualitas.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan tertanam jiwa kedisiplinan pada siswa/siswi, agar nantinya mereka akan berhasil dalam meraih cita-cita yang diinginkan,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk memantapkan karakter bangsa dan pendidikan, serta untuk menanamkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

“Dengan cara ini, diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah. Pada era globalisasi ini peran nilai-nilai Pancasila sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia,”ucap Peltu M Toha.

Kemudian kembali menjelaskan dengan adanya globalisasi, batasan diantara negara seakan tak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah ke dalam masyarakat. Keterlibatan TNI Khususnya Koramil 13/Pulosari dalam masa pengenalan lingkungan sekolah tersebut merupakan implementasi MOU antara Panglima TNI dan Kemendikbud dalam rangka penguatan pendidikan karakter siswa guna menangkal paham radikalisme di kalangan siswa itu sendiri serta menumbuhkan nilai-nilai ideologi Pancasila sejak dini.(Iwn)

Berita Terkait