Kodim Pemalang Gelar Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I TA. 2023

IMG-20230510-WA0378

PEMALANG, ICN — Kodim 0711/Pemalang menggelar Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung tahap I TA. 2023, bertempat di lapangan Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang dengan mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemangunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, pada Rabu (10/5/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST., dan sebagai Komandan Upacara (Dan Up) Danramil 06/Bodeh Kapten Cba Supardi, SH., serta diikuti pasukan upacara dari Satuan Korsik Pemda Pemalang, Kodim 0711/Pemalang, Lanal Tegal, Satradar 214/Tegal, Polres Pemalang, Satpol PP Kabupaten Pemalang, gabungan perangkat desa se-Kecamatan, Petarukan, Linmas, Karang Taruna, Banser dan Osis SMK.

Sebagai tanda dibukanya TMMD Sengkuyung I tahun 2023 di Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Plt. Bupati Pemalang secara simbolis menyerahkan alat peralatan kerja kepada perwakilan pekerja TMMD, penandatanganan naskah berita acara dan penyerahan berita acara pelaksanaan TMMD Plt. Bupati Pemalang kepada Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap I TA. 2023 Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., dilanjutkan pemukulan Gong.

Dalam amanatnya Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST., menyampaikan, bahwa operasi bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai bentuk program dan kegiatan, salah satu yang biasa kita tahu adalah operasi bakti “TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)”.

Program TMMD, menurut Plt. Bupati merupakan suatu program terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah, dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah juga akan meningkat. Selain itu, TMMD juga bertujuan sebagai upaya untuk mempererat kemanunggalan antara TNI dan Rakyat.

“TMMD Sengkuyung Tahap I di Kabupaten Pemalang dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 10 Mei sampai dengan 8 Juni 2023 di Desa Widodaren, Kecamatan Petarukan dengan sasaran fisik Peningkatan Jalan sepanjang 560 x 2.5 m beserta fasilitas pelengkapnya yang menghubungkan dengan Desa Kendalsari, Kecamatan Petarukan,”tuturnya.

Masih menurut Plt. Bupati, melalui TMMD ini, mari kita gelorakan lagi semangat kolektifitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada.

“Mari kita bangun sarana prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa. Tidak hanya itu, program TMMD ini juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukunan antar umat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik SARA, radikalisme, terorisme dan intoleransi,”imbuhnya.

Pada akhir amanatnya Plt. Bupati mengajak kepada segenap komponen masyarakat melalui TMMD ini, mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral untuk Pemalang yang semakin baik dan sejahtera. Kita ingin desa-desa di Kabupaten Pemalang makin maju, mandiri dan masyarakatnya pun semakin bahagia. Inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama.

Setelah pelaksanaan upacara Plt Bupati Pemalang bersama Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., dan tamu undangan lainnya meninjau lokasi sasaran fisik TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2023 Kodim 0711/Pemalang yaitu Pembukaan jalan (pengurugan) yang dilanjutkan dengan makadam, Pembangunan talud 2 sisi Pembangunan talud dan Pembuatan jembatan plat beton.

Usai peninjauan lokasi sasaran fisik bertempat di balai Desa Widodaren Forkopimda beserta rombongan menerima paparan dari Danramil 03/Petarukan Kapten Cpm Suwaryo tentang pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2023.(Iwn)

About Author