Sinergitas TNI-Polri Dalam Menjaga dan Mengamankan Pulau Terluar di Papua Barat

IMG-20220713-WA0088

ICN | Pulau Fani, Raja Ampat – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, bersama Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., dan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga serta Komandan Lantamal XIV Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr., Opsla, melaksanakan kunjungan kerja ke Pulau Fani sehingga dapat berada bersama di tengah-tengah prajuritnya yang sedang melaksanakan tugas pengaman Pulau Terluar, dengan menggunakan Pesawat Helikopter TNI Angkatan Laut HU-4207,Rabu (13/7/22).

Dalam kunjungan kerja tersebut secara bersama-sama ke Pulau Terluar tersebut,terlihat juga Sinergitas TNI dan Polri semakin kuat dan Solid dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pulau Fani tersebut merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di bagian Samudra Pasifik yang berbatasan dengan negara Palau, tepatnya sebelah utara dari Papua Barat dan sebelah timur Maluku Utara.

Setiba di Pulau Fani, Pangkoarmada III beserta Pangdam XVIII/Kasuari dan Kapolda Papua Barat langsung menuju Pos Satgas Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Fani dan disambut dengan tarian adat dari daerah setempat serta menerima Laporan dari Komandan Satgas Pengamanan dari Pulau Terluar atau satgas puter dan dilanjutkan dengan pengarahan dan tanya jawab dari ketiga Pejabat TNI dan Polri tersebut,”jelasnya.

Selanjutnya, dalam kunjungan tersebut dilaksanakan penyerahan Searider, Genset dan bahan kontak kepada Satgas Pengamanan Pulau Terluar atau satgas Puter dan masyarakat Pulau Fani serta diakhiri dengan peninjauan fasilitas Posal Pulau Fani tersebut.

Sementara itu Kapal Markas Guskamla Koarmada III (KRI Teluk Weda-526) yang sedang melaksanakan Operasi Perisai Paus 22 dan KRI Albakora-867 turut mendukung kegiatan tersebut dengan membawa bahan kontak dan logistik yang akan diberikan kepada Satgas Pengamanan Pulau Terluar dan masyarakat Pulau Fani serta sebagai spare deck helly.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut di Pulau Fani dengan menggunakan KRI Teluk Weda-526, yaitu Komandan Pasmar 3, Komandan Guskamla Koarmada III, Komandan Korem 181/PVT, Asops, Aspotmar Pangkoarmada III, Asintel, Asops Danpasmar 3, Asintel, Asops Danlantamal XIV, Dandenintel Koarmada III, Kasilog Korem 181/PVT serta Dandim dan kapolres Kabupaten Raja Ampat,kemudian diakhiri dengan foto bersama.

(Tim/Red/Dispen Koarmada III)

Berita Terkait

26 September 2022

Film Pembauran di Gedung Sobokartti Semarang

www.indonesiacerdasnews.com - Gedung Cagar Budaya Sobokartti beralamat Jalan dr Cipto 31-33 Semarang yang biasanya digunakan untuk tempat latihan tari Jawa, Gamelan, Pranatacara, Pedalangan, Sinden, tanggal 24 September 2022 ornamen gedung dan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *