Tingkatkan Dasar Militer Prajuritnya, Kodim Bojonegoro Gelar Latorsar Teritorial

IMG-20240201-WA0095

WWW.INDONESIACERDASNEWS.COM | BOJONEGORO – Dalam rangka memelihara, sekaligus meningkatkan kemampuan prajuritnya, di awal tahun 2024 ini Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar Latihan Perorangan Dasar atau Latorsar Teritorial secara terprogram, bertahap, bertingkat dan berlanjut di Markas Kodim setempat, Kamis (1/2/2024).

Koordinator kegiatan, Kapten Inf Marwoko Suwandono, menjelaskan, Latorsar merupakan kegiatan program yang harus dilaksanakan, guna mengasah kembali kemampuan dasar militer yang dimiliki setiap prajurit. Meski setiap harinya prajurit melaksanakan tugas kewilayahan dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter), tetapi harus juga menjaga kemampuan ilmu kemiliteran.

“Prajurit selalu dituntut profesional dibidangnya, dan Latorsar Teritorial ini dilaksanakan sesuai kalender kegiatan. Tujuanya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar keprajuritan, sehingga tugas pokok yang diembankan dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Kali ini, lanjut Kapten Inf Marwoko Suswando, mengungkapkan, Latorsar Teritorial difokuskan pada peningkatan kemampuan dasar prajurit seperti ilmu medan dan kompas, pengetahuan senjata ringan M-16A1 dan Pistol FN-46, Long Malap, Nikpursar, Pioneer dan materi lainnya.

“Sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), selain melaksanakan Binter atau Pembinaan Teritorial diwilayah masing-masing, Babinsa juga dituntut untuk memiliki postur prajurit yang profesional dibidang kemiliteran. Sehingga nantinya pada saat dibutuhkan untuk mengemban tugas bisa dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

[Tim/Red]

About Author